Sunday, 10 April 2011

Lanud Iswajudi, bertempat di Magetan.

       Berkunjung kesebuah kota tentu kita ingin mengetahui semua tempat yang indah dan patut di jadikan penghibur mata sekaligus menikmati sesuatu yang berbeda. Bandara Iswahyudi adalah bandar udara yang terletak di kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Secara tradisional ini adalah lapangan terbang paling penting bagi TNI-AU disamping Lanud Halim Perdanakusumah. Nama Iswahyudi diambil dari salah seorang pahlawan TNI-AU. Sekarang bandara Iswahyudi menjadi milik Kota Madiun, walaupaun letaknya diluar kota Madiun atau kabupaten Magetan.
        Adapun sejarah singkat tentang landasan udara ini adalah: Pada tahun 1939, Hindia Belanda membangun "Pangkalan Udara Maospati". Ketika pecah perang pasifik tahun 1941, pangkalan udara ini dijadikan basis kekuatan tentara sekutu di Pulau Jawa. Ketika Belanda menyerah kepada Jepang tahun 1942, Angkatan Laut Jepang (Kaigun Kokusho) menguasai pangkalan udara ini. Pangkalan ini juga digunakan untuk menyimpan berbagai jenis motor pesawat buatan Jepang.
        Pasca kemerdekaan Indonesia, Pangkalan Udara Maospati dikuasai oleh laskar-laskar perjuangan saat itu. Berdasarkan Keputusan Menteri I Panglima Angkatan Udara Nomor 564 tanggal 4 Nopember 1960, Pangkalan Udara Maospati berubah nama menjadi Pangkalan TNI AU Iswahyudi.Dengan berkembangnya peran Lanud Iswahjudi dalam perebutan Irian Jaya, lanud ini menjadi Pangkalan Udara Utama (Lanuma). Saat ini Pangakalan TNI AU lswahyudi merupakan Lanud tipe A.
        Lanud Iswahyudi juga melayani beberapa penerbangan domestik dengan pesawat Airbus A330-200 sampai Boeing 747-400, seperti Garuda Indonesia, karena memiliki lintasan landas yang panjang. Selain itu, labud ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. Mulai dari rumah sakit, rumah dinas, lapangan golf, graham, tempat ibadah, mall, tempat penangkaran hewan, gudang persenjataan dan lain sebagainya. Meskipun lanud ini tergolong lanud tipe A, tetapi usia yang sudah tua sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Beberapa bangunan memang Nampak memiliki sejarah yang luar biasa, tetapi sebagian lagi menunjukan keadaan yang cukup memprihatinkan pula.
        Kedepan, lanud yang menjadi kebanggaan warga berplat nomor AE mungkin sudah waktunya mengalami renovasi. Dan bisa pula dikembangkan menjadi salah satu bandara komersil seperti bandara adi sucipto di Yogyakarta, ataupun Abdurrahman saleh di malang, yang notabene adalah lanud milik TNI AU. Jadi kalau anda berkunjung ke Magetan jangan lupa untuk mampir ke lanud Iswahjudi. Salam visit to Magetan, ^_^

1 comment:

  1. Aku lahir sekolah dan besar di sana.......kemudian jauh meninggalkanu....aku rindu inginrasanya mengenang masa kecilku disana

    ReplyDelete

Copyright © 2014 Kunjungi Magetan (visit magetan)